Stephanie, Debora (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK INTENSIF DENGAN MEDIA SUPERHERO TERHADAP SANTUN DALAM BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH SMP SWASTA PUTERI SION MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151010_COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 1133151010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
3. NIM. 1133151010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM. 1133151010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 1133151010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 1133151010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM. 1133151010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM. 1133151010_BAB I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
12. NIM. 1133151010_BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
13. NIM. 1133151010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh konseling kelompok intensif dengan Superhero terhadap santun dalam berbicara siswa kelas VIII di sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 orang siswa yang mengalami ketidaksantunan dalam berbicara yang dilihat dari hasil pre-test. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument dengan 30 butir pernyataan santun dalam berbicara yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel, dan menjadi 27 butir pernyataan angket santun dalam berbicara sebagai pengumpul data. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero berpengaruh terhadap santun dalam berbicara siswa SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Hal ini diketahui dari hasil Uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan negative = 0. Jadi Jhitung > Jtabel, yaitu 10 > 0. Data test awal (pre-test) diperoleh rata-rata 58,3, sedangkan setelah pemberian layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero (post-test) diperoleh rata-rata 69,9, artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero (69,9 > 58,3), setelah dilakukan layanan konseling kelompok intensif dengan media Superhero terhadap santun dalam berbicara siswa kelas VIII di sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 terjadi perubahan sebesar 10,7 %. Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada Pengaruh Konseling Kelompok Intensif Dengan Superhero Terhadap Santun Dalam Berbicara Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP Swasta Puteri Sion Medan Tahun Pelajaran 2016/2017, diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 036 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK INTENSIF, MEDIA SUPERHERO, SANTUN BERBICARA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 10:49 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25977 |