Sagala, Desi Rindu Marito (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141010 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM 7132141010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM 7132141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM 7132141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 7132141010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7132141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 7132141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 7132141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 7132141010 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 7132141010 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 7132141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari kompetensi guru dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 410 orang, sedangkan tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu tehnik proporsional random sampling sebanyak 20% dari populasi yaitu berjumlah 82 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regeresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 17.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 41,644 + 0,209X1 + 0,310X2 selanjutnya variabel kompetensi guru (X1) memiliki pengaruh yang positif secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,454 > 1,990) dan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0,05 (0,016<0,05), semestara lingkungan belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (4,203 > 1,990) dan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0,05 (0,000<0,05). Secara bersama-sama kompetensi guru dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,739 > 3,11) dan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0,05 (0,000<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 117 |
Keywords: | Kompetensi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 10:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25972 |