Tambunan, Herti B (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142020 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 7133142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
3. NIM 7133142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 7133142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 7133142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 7133142020 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 7133142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 7133142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 7133142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 7133142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 7133142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas X Akuntansi di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X AK 1 SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis T.P 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Lembar observasi aktivitas belajar ini terdiri dari 8 indikator dengan skor tertinggi 4 dan skor terendah 1. Tes hasil belajar ini terdiri dari 10 soal dalam bentuk pilihan ganda. Soal-soal tes hasil belajar ini tidak perlu lagi dilakukan pengujian validitas, realibilitas, daya pembeda maupun tingkat kesukaran karena telah objektif dan diambil dari buku pelajaran siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Persentase Perolehan Hasil (PPH) secara individual maupun kelas untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan Ketuntasan Belajar secara individual maupun Klasikal untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 34,37% , yaitu 46,88% di Siklus I dan 81,25% di Siklus II dengan begitu hipotesis I dapat diterima. Perolehan hasil belajar siswa yaitu Pretest hanya 40,62% siswa yang tuntas (13 siswa) dengan nilai rata-rata 65,81, pada Siklus I meningkat 12,5% menjadi 53,12% siswa yang tuntas (17 siswa) dengan nilai rata-rata 70,43, pada Siklus II meningkat 34,38% menjadi 87,5% siswa yang tuntas (28 siswa) dan telah memenuhi ketuntasan secara klasikal 75% dengan begitu hipotesis II dapat diterima.
Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 130 |
Keywords: | Think pair share, aktivitas dan hasil belajar akuntansi, aktivitas belajar, hasil belajar, akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 10:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25970 |