Butar-butar, Santrida (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA N 1 SIEMPAT NEMPU HILIR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.7131141109.COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2.7131141109.APPROVAL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3.7131141109.PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4,7131141109.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5.7131141109.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6.7131141109.TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.7131141109.PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.7131141109.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
12.7131141109.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13.7131141109.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 33 siswa. jumlah sampel adalah 33 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket dengan mengggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan menngunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menngunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y= 34,043 + 0,483 X1 + 0,126 X2 Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,836 yang berarti sebesar 83,6% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing- masing variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Variabel X1 diperoleh thitung> ttabel yaitu ( 8,668 > 1,697). dan variabel X2 diperoleh thitung> ttabel yaitu ( 2,181 > 1,697). Sedangkan untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengarug positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu (76,509 > 3,32). Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017) 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Hilir Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 056 |
Keywords: | Minat belajar; Lingkungan belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25962 |