Hutapea, Dina Lestari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131121010 COVER.PDF - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 4131121010 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (102kB) | Preview
3. 4131121010 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. 4131121010 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. 4131121010 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 4131121010 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 4131121010 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 4131121010 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. 4131121010 BAB I.PDF - Published Version
Download (264kB) | Preview
13. 4131121010 BAB V.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. 4131121010 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, kelas eksperimen kelas XI MIPA5 berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol kelas XI MIPA4 berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar berbentuk essay berjumlah 8 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,90 dan kelas kontrol 43,10. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 83,16 dan kelas kontrol 70,10. Hasil uji t postes diperoleh thitung = 12,14 dan ttabel = 1,68 pada taraf nyata 0,05 sehingga thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata afektif kelas eksperimen pada pertemuan I, II, III adalah 76,63 (baik), 79,36 (baik), 81,4 (sangat baik). Nilai rata-rata psikomotorik kelas eksperimen pada pertemuan I, II, III adalah 63,66 (cukup baik), 78,86 (baik), 83,9 (sangat baik). Hasil ini menggambarkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas XI semester II pada materi pokok fluida dinamis di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 117 |
Keywords: | model pembelajaran problem based learning; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25959 |