Oktaviani, Rina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 4131121038 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02 NIM 4131121038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
03 NIM 4131121038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 NIM 4131121038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
05 NIM 4131121038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
06 NIM 4131121038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 4131121038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 4131121038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
09 NIM 4131121038 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13 NIM 4131121038 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14 NIM 4131121038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping dan X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan model konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes essay dengan jumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel (0,1429<1,9974) menunjukkan kemampuan awal sama, berdistribusi normal dan homogen. Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping pada materi pokok suhu dan kalor mengalami peningkatan dari 60% menjadi 80%. Hasil rata-rata postes kelas eksperimen adalah 76,97 dan kelas kontrol adalah 72,11. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,330 sedangkan ttabel = 1,668, berarti thitung > ttabel (2,330 > 1,668) hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa akibat model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 3 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 112 |
Keywords: | Inquiry training; Mind mapping; Konvensional; Hasil belajar; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25954 |