Mairani, Era (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 TANJUNG BALAI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Tanjung Balai T.A. 2016 / 2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari 6 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Dari nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 25,7 dan 5,46 untuk hasil belajar serta 23,43 dan 6,09 untuk kemampuan berfikir kritis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan, dari nilai rata-rata postes diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 76,09 dan 57,65. Untuk nilai rata-rata postes kemampuan berfikir kritis diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 80,78 dan 60. Kesimpulan yang didapat adalah ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembealajaran problem based learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Tanjung Balai T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 104 |
Keywords: | Pembelajaran problem based learning; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25942 |