Sipangkar, Nurhayati (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN PEMBERIAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133142031-COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 7133142031-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM. 7133142031- PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 7133142031-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 7133142031- TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 7133142031-TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7133142031-PICTURE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7133142031-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 7133142031- CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
13. NIM. 7133142031- CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 7133142031- BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dengan Pemberian Handout T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di jl. Jambi No 23-D Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 25 siswa tergolong aktif meningkat menjadi 33 siswa pada siklus II dengan kategori aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil tes sebelum perlakuan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (39,48%) dengan nilai rata-rata 65,53. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (68,42%) dengan nilai rata-rata 75,26 sedangkan pada siklus II sebanyak 35 siswa (92,1%) dengan nilai rata-rata 87,37 dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,48%. Sebagai indikator ketuntasan secara klasikal aktivitas adalah 75% siswa memperoleh skor ≥ 23 dan Hasil belajar adalah 90% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikan peningkatan hasil belajar siswa dilakukan uji t dengan dk = 38-1=37 pada α=0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 18,07 dan ttabel, 2,03. Sehingga thitung > ttabel, (18,07> 2,03), dengan kata lain peningkatan hasil siswa signifikan sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dengan pemberian Handout dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Hutang Lancar kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 068 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi Team Quiz dan Handout |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25940 |