Tarigan, Melly Palentina Br. (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121040 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 4133121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM 4133121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM 4133121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 4133121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM 4133121040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 4133121040 TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM 4133121040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM 4133121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 4133121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. NIM 4133121040 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa akibat penerapan (PCK) dalam pembelajaran saintifik pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA- 2 dan kelas kontrol X MIA-5 yang masing-masing berjumlah 33 siswa dan 35 siswa . Data penelitian ini diperoleh dengan instrumen pilhan berganda sebanyak 15 soal, lembar observasi aktivitas dan pengujian hipotesis dengan uji t. Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 44,24 dan postes 78,03. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 39,57 dan postes 71,6. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas menjelaskan bahwa populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 3,18 sedangkan ttabel adalah 1,671 pada taraf nyata 0,05 maka thitung > ttabel artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan I,II dan III adalah 65,10 (cukup aktif), 76,00 (aktif) dan 80,20 (aktif). Kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar akibat implementasi PCK dalam pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 100 |
Keywords: | Pedagogical Content Knowledge (PCK); Pembelajaran Saintifik; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25934 |