Tarigan, Irma Sari Minalta Br. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121018 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133121018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM 4133121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4133121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 4133121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4133121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 4133121018 TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4133121018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 4133121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 4133121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4133121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (model pembelajaran langsung) pada materi pokok Usaha dan Energi kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 butir dan lembar aktivitas belajar. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 31,05 dengan standar deviasi 7,24 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 30,64 dengan standar deviasi 8,30. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak , diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda, kelas ekperimen menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 70,54 dengan standar deviasi 9,92 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 62,04 dengan standar deviasi 11,85. Hasil nilai postest kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,52 > 1,66, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 096 |
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry); Pembelajaran konvensional; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25922 |