Andari, Puji (2017) PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FE UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7132141031 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM 7132141031 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
NIM 7132141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
NIM 7132141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
NIM 7132141031 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
NIM 7132141031 TABLE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM 7132141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM 7132141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 7132141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
NIM 7132141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
NIM 7132141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya minat menjadi guru” pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.P 20162017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman PPL dan informasi dunia kerja berpengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FE UNIMED Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 yang terdiri dari 3 kelas Reguler dan 2 kelas Ekstensi yang berjumlah 175 mahasiswa dan sampel berjumlah 121 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 21 diperoleh persamaan regresi Y= 14,567 + 0,409 X1+ 0,497 X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan pengalaman PPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 4,786 > 1,664 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Dan informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 4,818 > 1,664 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa pengalaman PPL dan informasi dunia kerja berpengaruh secara simultan yang memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai f_hitung> f_tabel yakni 28,223 > 3,12 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 32,4% bahwa perubahan minat menjadi guru dipengaruhi oleh pengalaman PPL dan informasi dunia kerja dan sisanya 67,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman PPL dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 046 |
Keywords: | Pengalaman PPL; Informasi dunia kerja; Minat menjadi guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25889 |