Hutasoit, Riskandi Sumarni (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X-MIA SEMESTER II SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121024 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM 4132121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. NIM 4132121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 4132121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 4132121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM 4132121024 ILLUSTATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM 4132121024 TABLE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM 4132121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4132121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13. NIM 4132121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. NIM 4132121024 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X-MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik class random sampling, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model penggunaan model Problem Based Learning menggunakan media peta pikiran dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas menyelidiki siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 24,25 dan kelas kontrol adalah 24,17, setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,1 dan kelas kontrol 72,3. Pada proses pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media peta berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,531 > 1,671 hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning menggunakan media peta terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X-MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 084 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25877 |