Siburian, Yoan Artha (2017) PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121060 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4133121060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM 4133121060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 4133121060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 4133121060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4133121060 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4133121060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4133121060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4133121060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13. NIM 4133121060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 41331060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X-IPA semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik class random sampling, yaitu kelas X-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X-IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung dengan jumlah siswa 30 orang. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,83 dan kelas kontrol adalah 32,83 dengan data berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen menggunakan metode Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI sebesar 80,83 dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung sebesar 72,67. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,343 > 1,671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan metode Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X-IPA semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 083 |
Keywords: | Accelerated Learning dengan Pendekatan SAVI; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25876 |