Tampubolon, Peres Handerson (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121047 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4123121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 4123121047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM. 4123121047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4123121047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 4123121047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4123121047 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123121047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4123121047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM. 4123121047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4123121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 27 orang. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang telah divalidasi oleh validator serta uji ramalan. Data yang diperoleh antara lain hasil pretes dan postes. Berdasarkan analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t, diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan T.P.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 080 |
Keywords: | Hasil belajar; Inkuiri terbimbing (guided inquiry); Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25872 |