Simanjuntak, Hotna (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X SMK SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7133341101 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2.NIM. 7133341101 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3.NIM. 7133341101 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4.NIM. 7133341101 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5.NIM. 7133341101 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6.NIM. 7133341101 TABLE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7.NIM. 7133341101 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8.NIM. 7133341101 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9.NIM. 7133341101 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13.NIM. 7133341101 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14.NIM. 7133341101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari efikasi diri dan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X SMK Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Mulia Pratama Medan yang berjumlah 71 orang dan sampel 71 orang dengan teknik total sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, perhitungan dterminasi, uji t (parsial) dan uji f (simultan) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan analisis regresi linear berganda yaitu: Y = 21.615+ 0,653X1 + 0,105X2. Dapat disimpulkan bahwa variabel efikasi diri (X1) dan prestasi belajar kewirausahaan (X2) berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha (Y) siswa kelas X SMK Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sedangkan pengujian secara parsial variabel efikasi diri (X1) termasuk dalam kategori baik dengan persentase deskriptif 4,16% dan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu 3,763 > 1,667 dengan signifikan sebesar 0,000< 0,05. Variabel prestasi belajar kewirausahaan (X2) termasuk dalam kategori sangat tidak baik dengan persentase 55% dan memiliki pengaruh yang positif tapi tidak signifikan dimana thitung< ttabel yaitu 1,052 < 1,667 dengan signifikan 0,297>0,05. Secara simultan vaiabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung>Ftabel 7,529 > 3,13. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Secara bersama-sama efikasi diri dan prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X SMK Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 034 |
Keywords: | Efikasi Diri; Prestasi Belajar Kewirausahaan; Minat Berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 14:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25864 |