Diningrum, Putri Ermin (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER GENAP MAN LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121035 COVER.PDF - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 4131121035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM 4131121035 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4131121035 PREFACE.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 4131121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 4131121035 ILUSTRATION.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 4131121035 TABLE.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 4131121035 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4131121035 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4131121035 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4131121035 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Semester Genap MAN Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil 2 dari 5 kelas secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data keterampilan proses sains dalam penelitian, digunakan instrumen keterampilan proses sains yang berupa Lembar Kerja Siswa yang telah divalidkan, dan untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Hasil pra-pembelajaran kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 45,48 dan pada kelas kontrol sebesar 43,81. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, hasil pasca-pembelajaran kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 84,16 dan kelas kontrol sebesar 72,49. Hasil uji t diperoleh t¬¬hitung > ttabel (6,946 > 1,66) maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester genap MAN Lubuk Pakam T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 076 |
Keywords: | Inquiry Training; keterampilan proses sains; konvensional; fluida dinamis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 13:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25858 |