Tarigan, Santa Riana Br (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141098 COVER.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
2. NIM. 7133141098 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 7133141098 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 7133141098 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 7133141098 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
6. NIM. 7133141098 TABLES.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM. 7133141098 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
8. NIM. 7133141098 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
9. NIM. 7133141098 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 7133141098 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
14. NIM. 7133141098 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak nilai prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang belum optimal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orangtua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang beralamat di Jln. Kotacane Tigabinanga, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS yang berjumlah 134 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perhatian orangtua (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung 2,383 dan taraf signifikansi 0,022, sama halnya dengan variabel kebiasaan belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 2,651 dan taraf signifikansi 0,013. Secara simultan perhatian orangtua dan kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung 12,132 dan taraf signifikansi 0,000. Variabel independen dalam penelitian ini juga menyumbangkan kontribusi sebesar 43,9% terhadap prestasi belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orangtua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 033 |
Keywords: | Perhatian orangtua; Kebiasaan belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25820 |