Azzahra, Fatimah (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GEBANG T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141024 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 7133141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM 7133141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 7133141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM 7133141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 7133141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM 7133141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 7133141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM 7133141024 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. NIM 7133141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 7133141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri dalam belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang, Jl. Diponegoro Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat dan dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang yang berjumlah 106 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu 83 orang yang diambil secara sampel acak sederhana yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai (thitung> ttabel (4,196 > 1,990). Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh konsep diri (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung> ttabel (7,631 > 1,990). Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 7,732, koefisien regresi Kecerdasan emosional (X1) sebesar 0,336 dan koefisien regresi konsep diri (X2) sebesar 0,541. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 7,732 + 0,336 X1 + 0,541 X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 77%, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan konsep diri secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 77 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk menguji hipotesis kecerdasan emosional dan konsep diri secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung> Ftabel(133,712 > 3,11). menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan antara Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 091 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Konsep Diri; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25804 |