Kurniawan, Doni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN KELAS X TITL DI SMK SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123331012 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2. 5123331012 surat pernyataan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 5123331012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. 5123331012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. 5123331012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. 5123331012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 5123331012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. 5123331012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 5123331012 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. 5123331012 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. 5123331012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Menggunakan Hasil Pengukuran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TITL di SMK swasta Imelda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sissa kelas X TITL SMK Swasta Imelda, berjumlah 2 kelas, kelas TITL 1 Berjumlah 20 orang dan kelas TITL 2 berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )), dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran ekspositori).Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Menggunakan Hasil Pengukuran. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 27,45 dan kelas control sebesar 14,80. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0.1251 dan Ltabel sebesar 0,1730 karena Lhitung<Ltabel atau 0.1251 < 0,1730 maka uji inormalitas pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1596 dan Ltabel sebesar 0,1730 maka uji normalitas pada kelas control pada kategori normal. Dan Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen) sebesar 1,76 dan Ftsebesar 4,10, karena Fhitung<Ftabel 1,76<4,10maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dengan (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dilihat dari thitung 2,20 yang lebih besar dari ttabel 2,08, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 036 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pengukuran, Model Pembelajaran PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:29 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25800 |