PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syahfitri, Indriani (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 7131141050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 7131141050 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. 7131141050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 7131141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 3. 7131141050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 7131141050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. 7131141050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 7131141050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7131141050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 7131141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. 7131141050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 7131141050 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. 7131141050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 7131141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7131141050 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 7131141050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. 7131141050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 7131141050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 13. 7131141050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 7131141050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. 7131141050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 7131141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan di indikasikan karena kurang memanfaatkan gaya belajar yang sesuai dan motivasi belajar siswa itu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P. 2016/2017, (2) mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dengan motivasi belajar siswa, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa Kelas VIII, (4) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran ips kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Siti Hajar Medan, Jalan Jamin Ginting Km. 11 Paya Bundung Kelurahan Simpang Selayang, Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Siti Hajar T.P. 2016/2017 yang berjumlah 133 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi sederhana dan mediasi, uji hipotesis variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan gaya belajar siswa baik dan motivasi belajar siswa juga dalam kategori baik. Hasil Persamaan analisis regresi variabel gaya belajar terhadap prestasi yaitu Y = 18,808 + 0,745 X yang berarti ada pengaruh yang positif, analisis gaya belajar terhadap motivasi yaitu Y = 35,185 + 0,460 X yang berarti ada pengaruh yang positif, analisis motivasi terhadap prestasi yaitu Y= Y = 29,303 + 0,654 M yang berarti ada pengaruh positif, dan persamaan variabel mediasi yaitu Y = 2,821 + 0,536 X + 0,454 M yang berarti ada pengaruh yang positif antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P 2016/2017.
Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P 2016/2017 dilihat dari nilai sig 0,000<0,05, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap motivasi dilihat dari nilai sig 0,001<0,05, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi dilihat dari nilai sig 0,000<0,005 dan dilihat dari nilai sig variabel gaya belajar 0,001 dan motivasi 0,002 yang diketahui nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT Siti Hajar MedanTahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 113
Keywords: gaya Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:27
Last Modified: 30 Aug 2017 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25781

Actions (login required)

View Item
View Item