Syahfitri, Indriani (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP IT SITI HAJAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7131141050 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. 7131141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. 7131141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 7131141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. 7131141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. 7131141050 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 7131141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 7131141050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 7131141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. 7131141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. 7131141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan di indikasikan karena kurang memanfaatkan gaya belajar yang sesuai dan motivasi belajar siswa itu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P. 2016/2017, (2) mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dengan motivasi belajar siswa, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa Kelas VIII, (4) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran ips kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Siti Hajar Medan, Jalan Jamin Ginting Km. 11 Paya Bundung Kelurahan Simpang Selayang, Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Siti Hajar T.P. 2016/2017 yang berjumlah 133 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi sederhana dan mediasi, uji hipotesis variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan gaya belajar siswa baik dan motivasi belajar siswa juga dalam kategori baik. Hasil Persamaan analisis regresi variabel gaya belajar terhadap prestasi yaitu Y = 18,808 + 0,745 X yang berarti ada pengaruh yang positif, analisis gaya belajar terhadap motivasi yaitu Y = 35,185 + 0,460 X yang berarti ada pengaruh yang positif, analisis motivasi terhadap prestasi yaitu Y= Y = 29,303 + 0,654 M yang berarti ada pengaruh positif, dan persamaan variabel mediasi yaitu Y = 2,821 + 0,536 X + 0,454 M yang berarti ada pengaruh yang positif antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P 2016/2017.
Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP IT Siti Hajar Medan T.P 2016/2017 dilihat dari nilai sig 0,000<0,05, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap motivasi dilihat dari nilai sig 0,001<0,05, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi dilihat dari nilai sig 0,000<0,005 dan dilihat dari nilai sig variabel gaya belajar 0,001 dan motivasi 0,002 yang diketahui nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi sebagai mediasi pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP IT Siti Hajar MedanTahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 113 |
Keywords: | gaya Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:27 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25781 |