Simarmata, Bosra Satrio (2017) PEMBELAJARAN ANSAMBEL GONDANG UNING-UNINGAN PADA EKSTRAKURIKULER SMA METHODIST 12 MARINDAL T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8 BAB 1.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Di era globalisasi saat ini sudah jarang instrumen musik daerah khususnya sumatera utara yang ada pada ekstrakurikuler di sekolah-sekolah menengah keatas . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran ansambel gondang uning – pada ekstrakurikuler SMA Methodist 12 Marindal dengan metode Latihan dan Praktek dan metode Demonstrasi.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian pembelajaran, pengertian kemampuan, pengertian ansambel, pengertian irama, melodi, ritme, dan dinamik, pengertian musik tradisional Indonesia, dan pengertian ekstrakurikuler.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan sampel penelitian ialah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Methodist 12 Marindal yang berjumlah 6 orang siswa – siswi dan 1 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dokumentasi, dan kemampuan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk melihat keberhasilan hasil belajar siswa pada ekstrakurikuler ansambel gondang uninga – uningan pada ekstrakurikuler SMA Mehodist 12 Marindal.
Hasil penelitian pada kemampuan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa – siswi yang mengikuti pembelajaran ansambel gondang uning – uningan pada ekstrakurikuler di SMA Methodist 12 Marindal bisa memainkan alat-alat musik gondang uninga - uningan secara ansambel dengan kompak dan memainkan materi pembelajaran dengan baik. Dengan demikian, siswa-siswi tersebut berhasil dalam mencapai hasil belajar sesuai dengan kriteria penilaian. Dengan demikian, pembelajaran ansambel musik tradisional Indonesia dengan metode Latihan dan Praktek dan metode Demonstrasi dapat tercapai dan berhasil di SMA Methodist 12 Marindal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSK 018 |
Keywords: | ekstrakurikuler, ansambel musik, gondang uning-uningan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1375 Instrumental music for children |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25779 |