Lestari, Dedek (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI SISWA TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132144003 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 5132144003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
3. NIM. 5132144003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 5132144003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 5132144003 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 5132144003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM. 5132144003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM 5132144003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 5132144003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 5132144003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 5132144003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi 3) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Anatomi Fisiologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMK Negeri 10 Medan. Tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Medan yang beralamat di Jln. Teuku Cik Ditiro No 57 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 72 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X KC-1 yang berjumlah 36 siswa dan kelas X KC-2 yang berjumlah 36 siswa. Teknik Pengambilan sampel adalah teknik purposive. Teknik pengambilan data untuk mengukur hasil belajar anatomi fisiologi dalam penelitian ini menggunakan pre test dan post test. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogeitas, dan uji gipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentase sebesar 91,67 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi termasuk kategori cenderung cukup dengan persentase sebesar 86,11 persen. Hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Anatomi Fisiologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan nilai X2hitung< X2tabel (10,43<11,070) dan hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Anatomi Fisiologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan nilai X2hitung< X2tabel (4,25<11,070) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Anatomi Fisiologi dengan nilai thitung>ttabel (5,008 > 1,666) dengan taraf signifikan 5%. Artinya, model pembelajaran Quantum Teaching dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 051 |
Keywords: | Model PembelajaranQuantum Teaching, Hasil Belajar Anatomi Fisiologi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25772 |