Wahyudi, Mhd Indra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X - AP SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141026 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 7132141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 7132141026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 7132141026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 7132141026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7132141026 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7132141026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7132141026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7132141026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 7132141026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM. 7132141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi. penelitian ini Tujuan Untuk Mengetahui hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri I Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I (X AP 2) dan eksperimen II (X AP 3) yang masing-masing populasinya terdiri dari 30 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Project Based Learning = 38,83 dan 83,17 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Problem Based Learning = 36,83 dan 78,17. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,336 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X AP SMK Negeri I Medan T.P 2016/2017.