Hutahaean, Rohana (2017) EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
01 (NIM.8156176036) COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02 (NIM.8156176036) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
03 (NIM.8156176036) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04 (NIM.8156176036) PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
05 (NIM.8156176036) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
06 (NIM.8156176036) TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07 (NIM.8156176036) ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08 (NIM.8156176036) APENDICS.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
09 (NIM.8156176036) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13 (NIM.8156176036) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14 (NIM.8156176036) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran scientific inquiry menggunakan macromedia flash terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Advent Air Bersih Medan, semester II tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan macromedia flash dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pemahaman konsep dalam bentuk essai sebanyak 7 soal dan instrumen keterampilan proses sains bentuk lembar kerja siswa yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Hasil penelitian disimpulkan bahwa uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,05 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel ternyata thitung > ttabel, hal ini berarti pemahaman konsep siswa yang menerapkan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan macromedia flash lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. uji hipotesis kedua diperoleh thitung = 4,28 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thit dengan ttabel ternyata thit > ttabel, hal ini berarti keterampilan proses sains siswa yang menerapkan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan macromedia flash lebih baik daripada keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.712 Hut e |
Keywords: | Model pembelajaran scientific inquiry; Macromedia flash; Pemahaman konsep; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25748 |