Ummi, Shofia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8156176024 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM.8156176024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM.8156176024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. NIM.8156176024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM.8156176024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM.8156176024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM.8156176024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM.8156176024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM.8156176024 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM.8156176024 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM.8156176024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning berbasis budaya Melayu dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning berbasis budaya Melayu. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), modul siswa, modul guru dan instrument keterampilan pemecahan masalah fisika pada materi elastisitas dan angket kemandirian belajar siswa. Aspek budaya Melayu diintegrasikan ke dalam fase-fase model problem based learning. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Melayu yaitu bermusyawarah. Kelompok siswa pada kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Raja, Tokoh Adat dan Rakyat yang masing-masing sudah memiliki peran. Selain itu, aspek budaya Melayu terdapat pada perangkat pembelajaran, yaitu pada permasalahan yang diangkat dan ilustrasi yang digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA III SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning berbasis budaya Melayu valid, praktis dan efektif. Keterampilan pemecahan masalah fisika dan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning berbasis budaya Melayu meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Umm p |
Keywords: | Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Budaya melayu; Keterampilan pemecahan masalah; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25746 |