Panjaitan, Jelita (2017) EFEK PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KALOBORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156176010 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8156176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 8156176010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM 8156176010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 8156176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM 8156176010 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 8156176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156176010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8156176010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM 8156176010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 8156176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kreativitas mahasiswa yang diajarkan dengan model PjBL berbasis kolaboratif lebih baik daripada model direct instruction, untuk menganalisis apakah kreativitas mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah di atas tata-rata lebih baik daripada mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, untuk menganalisis apakah ada interaksi antara model PjBL berbasis kalaboratif dengan sikap ilmiah terhadap kreativitas mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest design. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester II angkatan TA. 2016/2017 Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 64 orang. kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model PjBL berbasis kolaboratif terdiri atas 32 orang mahasiswa, kelas X-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model direct instruction terdiri atas 32 orang mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay kreativitas terdiri dari 10 soal dan sikap ilmiah dalam bentuk angket terdiri dari 20 kasus serta telah dinyatakan valid dan reliabili. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa yang diajarkan model PjBL berbasis kolaboratif lebih baik daripada model direct instruction. kemampuan kreativitas mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan mahasiswa yang memiliki sikap ilmih di bawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model PjBL berbasis kolaboratif dan model direct instruction dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 1 Pan e |
Keywords: | Model Project Based Learning Berbasis Kalaboratif; Sikap Ilmiah; Kreativitas Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25744 |