Triyusmidarti, Neni (2017) ANALISIS KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146181023 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM 8146181023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 8146181023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8146181023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 8146181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8146181023 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 8146181023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM 8146181023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 8146181023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 8146181023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 8146181023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru SD, khususnya guru Kelas V di Kecamatan Patumbak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 52 orang yang terdiri dari 36 guru SD Negeri dan 16 guru SD Swasta. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes pemahaman, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru memiliki kategori baik dengan nilai tertinggi untuk penilaian dan evaluasi yaitu dengan persentase 84,71% sedangkan yang terendah pada pengembangan kurikulum dengan persentase 73,56%; (2) Kompetensi profesional guru dalam kemampuan menyelesaikan soal persentase tertinggi pada indikator menampilkan penguasaan konsep berkaitan dengan bilangan,operasi algoritma sifat-sifat bilangan pada mata pelajaran matematika dengan persentase 83,08%, sedangkan yang terendah yaitu indikator Menguasai sejarah bangsa Indonesia pada pelajaran bahasa Indonesia dengan 60,57%; (3) Kompetensi kepribadian guru memiliki kategori baik dengan persentase rata-rata 75,68%. Nilai persentase tertinggi 78,08% untuk indikator bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia dan terendah 70,49% untuk indikator menjunjung etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri; dan (4) Kompetensi sosial guru memiliki kategori baik dengan presentase 76,43%, dengan nilai persentase tertinggi 77,58% untuk aspek berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain dan terendah 75,19% untuk bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Tri a |
Keywords: | Kompetensi guru; Sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:17 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25742 |