ANALISIS KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG

Triyusmidarti, Neni (2017) ANALISIS KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146181023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146181023 COVER.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146181023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146181023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146181023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146181023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146181023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146181023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146181023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146181023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146181023 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146181023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146181023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146181023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146181023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146181023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146181023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146181023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146181023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146181023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146181023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru SD, khususnya guru Kelas V di Kecamatan Patumbak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 52 orang yang terdiri dari 36 guru SD Negeri dan 16 guru SD Swasta. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes pemahaman, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru memiliki kategori baik dengan nilai tertinggi untuk penilaian dan evaluasi yaitu dengan persentase 84,71% sedangkan yang terendah pada pengembangan kurikulum dengan persentase 73,56%; (2) Kompetensi profesional guru dalam kemampuan menyelesaikan soal persentase tertinggi pada indikator menampilkan penguasaan konsep berkaitan dengan bilangan,operasi algoritma sifat-sifat bilangan pada mata pelajaran matematika dengan persentase 83,08%, sedangkan yang terendah yaitu indikator Menguasai sejarah bangsa Indonesia pada pelajaran bahasa Indonesia dengan 60,57%; (3) Kompetensi kepribadian guru memiliki kategori baik dengan persentase rata-rata 75,68%. Nilai persentase tertinggi 78,08% untuk indikator bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia dan terendah 70,49% untuk indikator menjunjung etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri; dan (4) Kompetensi sosial guru memiliki kategori baik dengan presentase 76,43%, dengan nilai persentase tertinggi 77,58% untuk aspek berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain dan terendah 75,19% untuk bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.12 Tri a
Keywords: Kompetensi guru; Sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:17
Last Modified: 16 Aug 2017 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25742

Actions (login required)

View Item
View Item