Harahap, Nurwita Sari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLETUAL REPETITION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131142033 COVER(1).pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7131142033 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 7131142033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM 7131142033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 7131142033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 7131142033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 7131142033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 7131142033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 7131142033 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM 7131142033 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 7131142033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas X di SMK BM Sinar Husni Medan dengan menerapkan
model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition dengan Strategi Pembelajaran
Berbasis Masalah T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan yang beralamat
di jl. Veteran Gang Utama Pasar V Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X Ak 2 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan
data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan melalui tes
hasil belajar. Sedangkan jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada
sisklus 1 terdapat 16 siswa tergolong aktif meningkat menjadi 29 siswa pada siklus II
dengan kategori aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil tes
sebelum perlakuan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (28,9%).
Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (34,2%) dengan nilai rata-rata
57,34 sedangkan pada siklus II sebanyak 32 siswa (84,2%) dengan nilai rata-rata
77,18 dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 50,0%. Jika
indicator ketuntasan klasikal aktivitas siswa telah mencapai 71,88% dan untuk hasil
belajar adalah 70% siswa memperoleh nilai ≥ 75, maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Auditory
Intellectual Repetition dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa kelas X di SMK BM Sinar
Husni Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 086 |
Keywords: | Auditory Intellectual Repetition Learning Model; problem based learning strategy; learning activity;learning outcomes |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:07 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25728 |