PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMK NEGERI 1 SALAK TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016.

Sikettang, Anita (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMK NEGERI 1 SALAK TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4103341003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4103341003 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4103341003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4103341003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4103341003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4103341003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4103341003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4103341003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4103341003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4103341003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4103341003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4103341003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4103341003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4103341003 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4103341003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4103341003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4103341003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4103341003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4103341003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4103341003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4103341003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4103341003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, ketuntasan belajar, ketercapaian indikator siswa dan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make a Match (MaM ) pada materi ekosistem di kelas X SMK Negeri 1 Salak Tahun Pembelajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Salak yang berjumlah 76 siswa dan sampel diambil secara total sampling (sampel keseluruhan). Dimana kelas XAtph1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Think-Pair-Share (TPS) dengan jumlah 38 orang dan kelas XAtph2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Make a Match (MaM ) dengan jumlah 38 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 76 orang.
Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TPS Sebesar 74.68 sedangkan untuk kelas MaM sebesar 80.36. Tingkat ketuntasan siswa di TPS dengan daya serap ≥ 65% mencapai 92.1 % sedangkan kelas MaM mencapai 100%. Dengan ketuntasan klasikal kedua kelas mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa pada kelas MaM lebih aktif dibandingkan kelas TPS.
Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0.05, dimana thitung > ttabel (3,909> 1,996), yang berarti dalam penelitian ini maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMK Negeri 1 Salak Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 142
Keywords: HASIL BELAJAR; THINK PAIR SHARE (TPS); MAKE A MATCH (MAM)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:49
Last Modified: 25 Aug 2017 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25699

Actions (login required)

View Item
View Item