Sikettang, Anita (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMK NEGERI 1 SALAK TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103341003 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4103341003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM. 4103341003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 4103341003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4103341003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 4103341003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4103341003 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4103341003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. NIM. 4103341003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 4103341003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 4103341003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, ketuntasan belajar, ketercapaian indikator siswa dan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make a Match (MaM ) pada materi ekosistem di kelas X SMK Negeri 1 Salak Tahun Pembelajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Salak yang berjumlah 76 siswa dan sampel diambil secara total sampling (sampel keseluruhan). Dimana kelas XAtph1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Think-Pair-Share (TPS) dengan jumlah 38 orang dan kelas XAtph2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Make a Match (MaM ) dengan jumlah 38 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 76 orang.
Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TPS Sebesar 74.68 sedangkan untuk kelas MaM sebesar 80.36. Tingkat ketuntasan siswa di TPS dengan daya serap ≥ 65% mencapai 92.1 % sedangkan kelas MaM mencapai 100%. Dengan ketuntasan klasikal kedua kelas mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa pada kelas MaM lebih aktif dibandingkan kelas TPS.
Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0.05, dimana thitung > ttabel (3,909> 1,996), yang berarti dalam penelitian ini maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMK Negeri 1 Salak Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 142 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; THINK PAIR SHARE (TPS); MAKE A MATCH (MAM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:49 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25699 |