Samura, Salfira Anandita (2017) ANALISIS KEMAMPUAN DAN KESULITAN MENGGAMBAR MOTIF PENGERETRET SISWA KELAS XI KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5123141029 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM. 5123141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
NIM. 5123141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM. 5123141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
NIM. 5123141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
NIM. 5123141029 TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM. 5123141029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM. 5123141029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
NIM. 5123141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
NIM. 5123141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kecenderungan
KemampuandanKesulitanMenggambar Motif Pengeretret Siswa Kelas XI Kria-
Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi,dimana siswa diharapkan mampu menggambar
motif pengeretret. Menggambar motif Pengeretret yang akan diteliti yaitu teknikmenggambar
motif pengeretret, peletakan motif pengeretret dan mewarnai motif
pengeretret.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan
menggunakan kesepakatan pengamat dan presentaseuntuk mengetahui
Menggambar Motif Pengeretret Siswa Kelas XI KriaTekstil SMK Negeri 1 Berastagi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan KriaTekstil
SMK Negeri 1 Berastagi yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu berjumlah 28
siswa. Berdasarkan hasil uji kesepakatan pengamat diperoleh Fhit =0,000302dan
Ftab = 5,19 pada taraf signifikan 5% dan dk = 4 : 5. Sehingga diketahui Fhit<
Ftab(0,000302<5,19). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada
perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari lima observer (pengamat)
atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang analisis kemampuandankesulitan
menggambar motif pengeretret dapat digunakan untuk menjaring
data penelitian.
Berdasarkan data hasil menggambar motif pengeretret, diperoleh skor ratarata
45,13 dan standar deviasi 11,44 dengan skor tertinggi 68 dan skor terendah
34. Sehingga tingkat kecenderungan menggambar motif pengeretret adalah
kategori kurangdankesulitan tertinggipadaaspekmenggambar motif pengeretret
(menggambar bentuk kepala (bentuk kepala)denganskor 1 sebanyak4 siswa
(14,28%), karena siswa kurang karena siswa kurangmampumenggambarbentukkepalayaitutidaksesuaidenganukurandanbentuk
yang sudahditentukanpadakisikisipengamatan.
Sedangkankesulitan terendah terdapat pada aspek mewarnai motif
pengeretret (pemilihanwarna motif) denganskor4sebanyak 20 siswa (71,42%),
karena siswa mampu memenuhi kriteria penilaiaan warna yang digunakan pada
menggambar motif pengeretret yaitu warna merah, putih, hitamdancoklatuntukwarnabidang
sesuai dengan kisi-kisi pengamatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKK 005 |
Keywords: | Kemampuan dan Kesulitan Menggambar Motif Pengeretret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TP Chemical technology > TP890 Textile bleaching, dyeing, printing, etc. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:41 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25686 |