Muliani, Sri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132132009 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 7132132009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
4. NIM. 7132142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 7132142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 7132142009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 7132142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 7132142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7132142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 7132142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 7132142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 7132142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas X AK 1 SMK Swasta Budisatrya Medan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X AK 1 di SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan yang beralamat di Jalan Letda Sudjono No. 166 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian penelitian ini diambil dengan teknik simpel random sampling yaitu kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, tes ini diuji coba terlebih dahulu yaitu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung lebih besar dari ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 46,67 dan kelas kontrol adalah 46,33. Dan nilai postest kelas eksperimen adalah 84,5 dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77. Hasil uji thitung = 3,694 sedangkan ttabel = 1,671 dengan demikian thitung > ttabel (3,694 > 1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pokok “Jurnal Khusus” yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi secara siginifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode Konvensional siswa kelas X AK SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 127 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:38 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25682 |