Tambunan, Lusi Lamtasari (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4133331020 COVER.PDF - Published Version
Download (7kB) | Preview
NIM 4133331020 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 4133331020 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (228kB) | Preview
NIM 4133331020 APPENDICS.PDF - Published Version
Download (71kB) | Preview
NIM 4133331020 TABLES.PDF - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM 4133331020 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM 4133331020 PREFACE.PDF - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM 4133331020 ILUSTRATIONS.PDF - Published Version
Download (3kB) | Preview
NIM 4133331020 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview
NIM 4133331020 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D)
dimana produk penelitian ini adalah bahan ajar berbasis kontekstual untuk
pengajaran Titrasi Asam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk memperoleh
bahan ajar inovatif berbasis kontekstual untuk pengajaran titrasi asam basa, (2)
Untuk mendapatkan komponen inovasi yang dapat diintegrasikan pada pengajaran
titrasi asan basa, (3) Untuk memperoleh bahan ajar inovatif berbasis kontekstual
yang standar pada pengajaran titrasi asam basa sesuai dengan kriteria Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (4) Untuk mengetahui pengaruh bahan ajar
inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan (5) Untuk mengetahui
efektivitas bahan ajar inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian
dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar untuk pengajaran titrasi asam basa,
bahan ajar distandarisasi oleh validator ahli dengan menggunakan angket BSNP
kemudian untuk memperoleh tingkat efektifitas, bahan ajar digunakan dalam
pembelajaran di beberapa sekolah tempat penelitian. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa (1) Bahan ajar kimia inovatif berbasis kontekstual telah sesuai
dengan standar penilaian Bahan ajar ini sesuai Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP) dengan rata – rata nilai untuk kelayakan isi, penyajian dan
bahasa dengan nilai 3,59 (2) Komponen inovasi yang dapat diintegrasikan adalah
video pembelajaran, media animasi, media macro media flash dan berbagai media
interaktif lainnya, (3) pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran dapat diketahui
melalui uji t-testt dimana diperoleh data thitung 8,33 > ttabel 1,972 maka diperoleh
bahwa hasil belajar kimia siswa yang menggunakan bahan ajar kimia inovatif
berbasis kontekstual pada pengajaran titrasi asam basa lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak menggunakan bahan ajar kimia
inovatif sedangkan untuk (4) efektivitasnya diperoleh 68% dalam penggunaan
bahan ajar hasil inovasi di kelas eksperimen dibandingkan penggunaan bahan ajar
biasa di kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa bahan ajar inovatif
hasil inovasi dan pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 167 |
Keywords: | Hasil Beelajar, Inovasi, Kontekstual, Titrasi Asam Basa, Research and Development, Pengembangan, Bahan Ajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25678 |