Jepri, Simanullang (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141055 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM 7131141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM 7131141055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM 7131141055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 7131141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM 7131141055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 7131141055 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 7131141055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 7131141055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
13. NIM 7131141055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 7131141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII SMP Swasta Harapan Baru Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan Baru Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 46 siswa yaitu terdiri dari 2 kelas.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebanyak 24 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebanyak 21 siswa untuk kelas kontrol.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen 51,667 dengan SD = 15,994 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 47,619 dengan SD = 11,46. Dan nilai postes yang diajarkan dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan tipe Group Investigation dengan nilai postes 74,167 dengan SD = 7,173 sedangkan nilai postes diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional dengan nilai 67,380 dengan SD = 9,168. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 7,954 dan ttabel sebesar 0,68011. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,954 > 0,68011) dengan kata lain hipotesis diterima.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII SMP Swasta Harapan Baru Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 109 |
Keywords: | TGT DAN GI |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25674 |