Siburian, Johanna (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7131141056 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. NIM. 7131141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
03. NIM. 7131141056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
04. NIM. 7131141056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
05. NIM. 7131141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
06. NIM. 7131141056 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
07. NIM. 7131141056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
08. NIM. 7131141056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
09. NIM. 7131141056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 7131141056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
14. NIM. 7131141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model konvensional pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jl. Gelas No. 12 A Ayahanda Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 204 orang siswa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampel Random sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 5. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa soal pilihan berganda dan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksprimen dan model pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol.Dan 20 butir soal dinyatakan valid.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Rata-rata Pre Test kelas eksperimen sebesar 48,86dan SD = 11,82 dan nilai Rata-rata Post Test sebesar 68,57 dan SD = 11,67. Sedangkan nilai Rata-rata kelas kontrol sebesar 41,29 dan SD = 10,1 dan nilai Rata-rata Post Test sebesar 52,14 dan SD = 16,00. Berdasarkan hasil perhitungan uji Hipotesis pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 di peroleh thitung>ttabel (4,890 > 14,00).
Dengan demikian hipotesis yang menyatakanbahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dan signifikan dibanding menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 110 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:27 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25672 |