Timaisaro, Pardede (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK N 1 PADANGSIDIMPUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132142010 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 7132142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3. NIM 7132142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM 7132142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. NIM 7132142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. NIM 7132142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM 7132142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM 7132142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM 7132142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 7132142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 7132142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMKNegeri 1 Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan menggunakan multimedia interaktif dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan T.P 2016 / 2017.
Penelitian ini dilaksanakan diSMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK berjumlah 176 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK 4 (Eksperimen 1) yang berjumlah 30 orang dan X AK 5 (Eksperimen 2) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 15 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai rata-rata, standar deviasi, normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen1 Quantum Teaching dengan menggunakan multimedia interaktif 86,6 dengan standar deviasi 7.65dan nilai rata-rata kelas Quantum Teaching 68.17 dengan standar deviasi 8.46. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan data, hipotesis yang diperoleh thitung= 4.293dan ttabel = 1.671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 4.293>1.671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pokok “Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa” yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Padangsidimpuan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 126 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF, QUANTUM TEACHING, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:25 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25670 |