PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT) PADA KELAS X DI SMA N.1 SARULLA KEC, PAHAE JAE T/P 2016/2017

Pasaribu, Safna Sari (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT) PADA KELAS X DI SMA N.1 SARULLA KEC, PAHAE JAE T/P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131141107 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131141107 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131141107 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131141107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131141107 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131141107 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131141107 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131141107 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131141107 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131141107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131141107 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131141107 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131141107 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131141107 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131141107 LIST APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131141107 LIST APPENDICES.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131141107 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131141107 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131141107 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131141107 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131141107 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131141107 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sarulla, Guru cenderung menerapkan metode
konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions
(STAD) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pada
Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sarulla.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sarulla berjumlah 137 orang. Sampel
dalam penelitian ini yaitu berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas X 1
(Eksperimen I) berjumlah 35 orang dan X 4 (Eksperimen II) yang berjumlah 35
orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan
jawaban.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai
mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar
siswa kelas eksperimen1 Student Team Achivement Division 81,00 dengan standar
deviasi 16,68 dan nilai mean kelas Teams Games Tournament 78,00 dengan
standar deviasi 15,95. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar
menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan
uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan
Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,912 dan ttabel = 1,428
Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,912 > 1,428 dengan
kata lain Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan hasil
belajar Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team
Achivement Division dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar
Siswa. Dan hasil belajar dengan menggunaan model pembelajaran Student Team
Achivement Division lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang diajarkan model
pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran Ekonomi kelas X
SMA Negeri 1 Sarulla T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 061
Keywords: STUDENT TEAM ACHIVMENT DIVISIONS ( STAD);TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT) ;HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:19
Last Modified: 30 Aug 2017 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item
View Item