Ani, Pitriani (2017) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA BM AL-FATTAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141092 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 7131141092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 7131141092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 7131141092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 7131141092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 7131141092 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7131141092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7131141092 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7131141092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM. 7131141092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7131141092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rrendahnya prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK Swasta BM AL-Fattah Medan T.P. 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK Swasta BM AL-Fattah Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Swasta BM AL-Fattah Medan T.P. 2016/2017 di Jalan Cemara No 172 Medan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK Swasta BM AL-Fattah Medan T.P. 2016/2017 yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan mengambil keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas guru dan motivasi belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran kewirausahaan semester genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y = 24,762 + 0,360X1 + 0,380X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar kewirausahaan, dibuktikan dengan nilai thitung (10,207) > ttabel (1,671). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan,, dibuktikan dengan nilai thitung (8,391) > ttabel ( 1,671). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan, dibuktikan dengan nilai Fhitung (110,612) > Ftabel (3,16). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,795 yang artinya sebesar 79,5% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kreativitas guru (X1) dan motivasi belajar (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK Swasta BM AL-Fattah Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 027 |
Keywords: | Kreativitas guru; Motivasi belajar; Prestasi belajar kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25651 |