Sari, Gustin Maya (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4133311017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM. 4133311017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 4133311017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 4133311017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 4133311017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7. NIM. 4133311017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM. 4133311017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 4133311017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
10. NIM. 4133311017 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 4133311017 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM. 4133311017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh thitung = 3,191 sedangkan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 070 |
Keywords: | Eksperimen semu; Think Talk Write; Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 15:00 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25634 |