Sandy, Desi Ari (2017) PENGARUH PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
03. ABSTRAK DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
05. DAFTAR ISI DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
09. BAB I DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. BAB V DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA DESI ARI SANDY NIM 1133313016.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini only-posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas A1 dan kelas A3. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 15 anak dan kelas A3 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 anak. Variabel bebas adalah permainan bowling modifikasi, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05. Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan permainan bowling modifikasi di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 3,48 dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 11 tergolong dalam kategori Berkembang Sangat Baik, dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan permainan kartu gambar di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 2,65 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 8 tergolong dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak pada kelas eksperimen terdapat anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)sebanyak 10 orang (67 %) dan anak pada kategoriBerkembang Sesuai Harapan (BSH)sebanyak 5 orang (33 %). Di kelas kontrol terdapat anak pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH)sebanyak 9 orang (60 %) dan anak pada kategori Mulai Berkembang (MB)sebanyak 6 orang (40 %). Hasil pengujian menyimpulkan bahwa thitung= 6,183 sedangkan ttabel= 1,701, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: Ada Pengaruh Yang Signifikan dari Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) T.A 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 049 |
Keywords: | Konsep bilangan; Permainan bowling; Permainan kartu bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 15:00 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25633 |