Yusuf, Muhammad (2017) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATANIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIMED STAMBUK 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7133141072 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. NIM. 7133141072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
03. NIM. 7133141072 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
04. NIM. 7133141072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
05. NIM. 7133141072 TABEL AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
06. NIM. 7133141072 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
07. NIM. 7133141072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
08. NIM. 7133141072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
09. NIM 7133141072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM. 7133141072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM 7133141072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Unimed yang beralamat di Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tataniaga yang berjumlah 111 orang. Sampel penelitian ini adalah 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas uji realibilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R^2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y = 65.354 -0,073X1 + 0,111X2. Hasil analisis uji t untuk variabel kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) diperoleh nilai t_hitung < t_tabel (-1,584 < 1,661). Dengan demikian, maka hipotesis pertama ditolak yang berarti tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel cara belajar (X2) diperoleh nilai t_hitung > t_tabel (2,371 > 1,661), dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa F_(Hitung )< F_Tabel (3,029 < 3,10). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga ditolak yang berarti tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 024 |
Keywords: | Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua; Cara Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25625 |