Manalu, Winda Dame Pretty (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141121 COVER.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2. NIM. 7133141121 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 7133141121 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM. 7133141121 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM. 7133141121 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 7133141121 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7133141121 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 7133141121 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 7133141121 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 7133141121 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14. NIM. 7133141121 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak aktifnya siswa dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jalan Gelas No. 12 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling total yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017, yang terdiri dari kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi sisw dan hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes soal pilihan ganda setelah diberikan perlakuan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran Artikulasi pada kelas kontrol. Uji instrumen dilakukan melalu uji Validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 80,53 dengan standar deviasi 9,17. Nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas kontrol 74,20 dengan standar deviasi 7,31. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas eksperimen 41,16 dan 82,21 dengan standar deviasi 11,487 dan 7,096. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol 41,98 dan 75,12 dengan standar deviasi 14,274 dan 7,519. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung > t_(tabel )yakni pada aktivitas belajar 3,705 > 1,6658, dan pada hasil belajar 4,4966 > 1,6658. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan T.A 2016/2017 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 028 |
Keywords: | Student facilitator and explaining; Numbered head together; Aktivitas belajar; Model pembelajaran artikulasi; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25619 |