Idris (2007) PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJERIAL SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.
1. 055030495 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
2. 055030495 Abstrak.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. 055030495 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. 055030495 Bab I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
5. 055030495 Bab V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
6. 055030495 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskrifsikan pemberdayaan komite sekolah untuk meningkatkan kinerja manajerial sekolah dasar di Kecamatan Labuhan Deli. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan dan analisais data yang mengacu pada kaedah-kaedah penelitian kualitatif yang di kembangkan oleh Lincoln & Guba (1985,1994), dan Hubermen & Miles (1984,1994). Prosedur pemilihan narasumber ditentukan berdasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam pemberdayaan komite sekolah untuk meningkatkan kinerja manajerial sekolah dasar di Kecamatan Labuhan Deli.Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dolcumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu : (1) Rekrutmen pengurus Komite Sekolah dilakukan dengan cara musyawarah mufakat dengan sekolah sebagai fasilitator pertemuan. Komposisi pengurus Komite Sekolah merupakan perpaduan dari tokoh masyarakat, cerdikpandai, perwakilan orang tua siswa dan unsur masyarakat lainnya, (2) Kinerja yang ditunjukkan komite sekolah dalam skala yang umum belum menunjukkan fungsi dan tanggung jawab sebagaimana yang diharapkan dari pembentukkannya di sekolah. Aktivitas yang ditunjukkan hanya berkisar pada kegiatan-kegiatan tertentu saja semisal realisasi penyaluran bantuan tertentu yang diterima sekolah, selebihnya tidak menunjukkan aktivitas yang berarti bagi kemajuan sekolah. Berdasarkan temuan ini juga ditemukan bahwa keberadaan komite di sekolah juga telah merambah pada hal-hal yang bersifat teknis yang bukan menjadi tanggung jawab dan fungsi komite di sekolah, (3) Tantangan yang dihadapi komite sekolah dalam melaksanakan peran, fungsi dan tanggung jawabnya di sekolah lebih dikarenakan ketidak pahaman akan peran, fungsi maupun tugas mereka secara utuh, disamping kurang berlangsungnya proses koordinasi dan komunikasi antara komite dengan pihak sekolah, situasi ini mengakibatkan tidak bersinerginya keinginan dan harapan dikedua pihak dan cenderung menimbulkan rasa curiga, merasa di awasi, dan kesan terlalu mencampuri, dan (4) Upaya pemberdayaan komite sekolah terutama dalam kaitan peningkatan kinerja manajerial sekolah belum berlangsung sebagaimana diharapkan. Keterlibatan komite sekolah dalam kegiatan manajerial sekolah hanya pada bidang pembiayaan dan keuangan sekolah serta sarana dan prasarana sementara kinerja manajerial lainya belum terlaksana dengan baik.Dalam rangka meningkatkan kinerja manajerial Sekolah Dasar di Kecamatan Labuhan Deli terutama kaitannya dengan komite sekolah, maka diharapkan pihak terkait terutama Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deli Serdang lebih memprioritaskan program-program pelatihan terutama dalam kaitan pemberian pengetahuan dan pemahaman tentang tugas, peran dan tanggung jawab komite sekolah guna mendukung pencapaian tujuan peningkatan kinerja manajerial sebagai bagian integral dari upaya meningkatkan mutu pendidikan pada masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.192 Idr p |
Keywords: | Kinerja; Sekolah dasar; Manajemen berbasis sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 06:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2560 |