Stevani Romaida, Simanjuntak (2017) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI SMA METHODIST 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133111051 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3133111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 3133111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 3133111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 3133111051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 3133111051 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 3133111051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3133111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
12. NIM. 3133111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 3133111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMA Methodist 7 Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif kuantitatif sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa di kelas XI SMA Methodist 7 Medan tahun pelajaran 2016/2017 dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan wawancara. Dalam penelitian ini tidak ada sampel karena menurut Arikunto jika populasi pada penelitian apabila subjeknya kurang dari 100 maka subjek yang ada diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi.Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif sederhana dengan menggunkaan tabel frekuensi.
Dari hasil penelitian di lapangan berdasarkan hasil dari jawaban responden siswa menunjukkan bahwa guru pendidikan kewarganegaraan belum maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Methodist 7 Medan. Peran guru sebagai organisator, fasilitator, mediator, motivator, inisiator, evaluator, informator, direktor, dan transmiter untuk meningkatkan hasil siswa sudah diterapkan guru dikelas. Guru PPKn yang telah menunjukkan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas sudah terlihat dari cara guru mengajar dengan menciptakan suaana belajar yang edukatif sehingga bukan hanya guru saja yang aktif dalam memberikan materi dikelas akan tetapi siswa juga menunjukkan motivasi dan semangat yang baik sehingga guru dan siswa menciptakan interaksi yang aktif dalam belajar sehingga memiliki pengaruh kepada hasil belajar yang akan siswa terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 057 |
Keywords: | PERAN GURU, HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25593 |