Rizqi, Ramadhani (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111041 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 5123111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM. 5123111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 5123111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 5123111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 5123111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 5123111041 ILUSSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5123111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 5123111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 5123111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 5123111041 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari kelas TGB A dan TGB B yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Total Sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dengan 4 opsi jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing strategi pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 53,73 dan sesudah perlakuan sebesar 84,93, standar deviasi sebelum perlakuan sebesar 10,44 dan standar deviasi sesudah perlakuan sebesar 5,82. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori memperopleh nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 53,07 dan sesudah perlakuan sebesar 78,93, standar deviasi sebelum perlakuan sebesar 11,59 dan standar deviasi sesudah perlakuan sebesar 6,12. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,89 > 1,68) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 035 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Inkuiri; Strategi Pembelajaran Ekspositori; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:18 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25588 |