Fahrud, din (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) PADA SISWA KELAS XI TKR SMK PAB 1 HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
00. NIM 5122122003 LEMBAR PENGESAHAN DAN TIDAK PELAGIAT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
01. NIM 5122122003 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
03. NIM 5122122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
04. NIM 5122122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
05 NIM 5122122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
06. NIM 5122122003 TABLE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
07. NIM 5122122003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
08. NIM 5122122003 APENDICES.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
09. NIM 5122122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
13. NIM 5122122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM 5122122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Perbedaan penggunaan
model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Problem Based
Learning terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa
kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen
dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara teknik Purpose Sample yaitu kelas XI TKR 1
sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 33 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai
kelas Eksprimen II yang berjumlah 33 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan
dengan menggunakan model pembelajaran Cntextual Teaching And Learning,
sedangkan kelas Eksprimen II diberi perlakuan menggunakan model Problem
Based Learning. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas
tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing
kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian
diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan
menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin
Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. Hal ini ditunjukkan
bahwa thitung > ttabel yaitu 9,8308 > 1,998 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima,
yaitu terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching
And Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pemeliharan
Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Pab 1 Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 024 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25573 |