Lubis, Nelly Safrida (2017) ANALISIS SOAL UJIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, KONSTRUKSI DAN BAHASA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141021 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4132141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4132141021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4132141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 4132141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM 4132141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 4132141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4132141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4132141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 4132141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4132141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk analisis sebaran soal ujian biologi berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom, persebaran soal ditinjau dari kompetensi dasar dan indikator serta tingkat kualitas soal berdasarkan aspek konstruksi dan bahasa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitiannya adalah deskriptif survey. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh soal-soal UAS biologi semester ganjil dengan sampel total yang berjumlah 40 untuk setiap tingkatan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen soal untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata sebaran soal ranah kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom di SMA Negeri 3 Medan pada C1 sebesar 15,8%, C2 sebesar 32,5%, C3 sebesar 23,3%, C4 dan C5 sebesar 13,3%, dan C6 sebesar 1,6%. Penyimpangan terdapat pada C1 dan C2 sebesar 18,3%, C3 dan C4 sebesar 3,4%, serta C5 dan C6 sebesar 15,1%. (2) Persebaran soal ujian biologi kelas X, XI dan XII ditinjau dari Kompetensi Dasar dan Indikator belum merata, serta indikator dikelas XI terdapat 5% soal yang tidak terdapat pada silabus. (3) Kualitas soal berdasarkan aspek konstruksi sangat baik dengan rata-rata yaitu 73,3% (kelas X 67,5%, kelas XI 65% dan XII 87,5%) dan berdasarkan aspek bahasa termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 98,33% (kelas X 97,5%, kelas XI 100% dan XII 97,5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 054 |
Keywords: | Analisis soal ujian; Ranah kognitif; Kompetensi dasar; Indikator; Konstruksi; Bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:54 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25552 |