Siahaan, Eldora Sinyorita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK BM SINAR HUSNI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141018 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 7133141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 7133141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 7133141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 7133141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 7133141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7133141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7133141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7133141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 7133141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 7133141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bekerjasama dengan kolega dan pelanggan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Sinar Husni yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 141orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas XI Administrasi Perkantoran 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI Administrasi Perkantoran 4 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji yang digunakan untuk Instrumen tes adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda tes.
Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Word Square dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Scramble. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 50,57 dan nilai rata-rata post-test adalah 85,14 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 55,71 dan nilai rata-rata post-test adalah 75,43. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 40,6% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 26,13%. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (4,398 > 1,54) pada taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bekerjasama dengan kolega dan pelanggan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada siswa kelas XI AP SMK BM Sinar Husni Tahun Pelajaran 2016/2017.