Sibarani, Arni Tiurma (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BM SINAR HUSNI HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141012 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 7131141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM. 7131141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. NIM. 7131141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM. 7131141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
6. NIM. 7131141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 7131141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 7131141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
9. NIM. 7131141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
13. NIM. 7131141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM. 7131141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Hubungan Keterampilan Guru Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK BM Sinar Husni Helvetia Tahun Pelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Guru Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK BM Sinar Husni Helvetia Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini dilakukan di SMK BM Sinar Husni Helvetia yang beralokasi di Jln. Veteran Gg. Utama Pasar V, Helvetia, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK BM SINAR HUSNI yang berjumlah 105 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil analisis yang diperoleh untuk Hubungan Keterampilan Guru Mengajar (X1) dengan prestasi belajar kewirausahaan (Y) diperoleh r_hitung>r_tabel (0,499>0.213) dan hasil yang diperoleh untuk hubungan motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar kewirausahaan (Y), diperoleh r_hitung>r_tabel (0,336>0.213). Dalam perhitungan korelasi sederhana diperoleh korelasi antara keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar (rhitung>rtabel) adalah 0,620>0,216 dan korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (rhitung>rtabel) adalah 0,794>0,216. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kewirausahaan maka diharapkan kepala sekolah dan guru dapat bekerja sama dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk termotivasi belajar secara mandiri dengan menyediakan perpustakaan yang lengkap dengan buku-buku pelajaran yang dapat menunjang siswa dalam belajar sehingga akan memotivasi siswa untuk berinisiatif dalam membaca buku perpustakaan apabila menemukan kesulitan dalam belajar.