Febrianti, Ega (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142012 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7144142012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
3. NIM 7133142012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM 7133142012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 7144142012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 7144142012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7144142012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7144142012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7133142012 BAB I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM 7133142012 BAB V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM 7133142012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran Quiz Team. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran Quiz Team. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 15 siswa (50%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif telah memenuhi kriteria penilaian ≥ 23 atau 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 10 siswa (33,33%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 58,17 sedangkan pada siklus I terdapat 15 siswa (50%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 69. Dan pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 83 atau mengalami peningkatan 14 poin dari siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 80. Terdapat peningkatan hasil belajar yang positif dan signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung> ttabel yaitu 4,59 > 2,05. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada Standar Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 059 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategi Pembelajaran Quiz Team |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:52 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25528 |