Amny Sarah, Barus (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA AS-SYAFI'IYAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341037 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 7133341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. NIM. 7133341037 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
4. NIM. 7133341037 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
5. NIM. 7133341037 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6. NIM. 7133341037 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 7133341037 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 7133341037 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7133341037 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
13.NIM. 7133341037 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14.NIM. 7133341037 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA AS-Syafi’iyah Medan yang beralamat di Jl. Karya Wisata II No. 1 Kec. Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah yang terdiri dari dua kelas dengan siswa berjumlah 61 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Cluster Random Sampling, yaitu sebanyak 53 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan studi dokumentasi (DKN). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi .
Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel pemanfaatan sumber belajar ( ) diperoleh > (2,521 > 1,675) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk variabel motivasi belajar ( ) diperoleh > (3,116 > 1,675) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara dengan . Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (38,323 > 3,18) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan sumber belajar ( ) dan motivasi belajar ( ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 093 |
Keywords: | Pemanfaatan Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:45 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25516 |